• Cell/WA:+62 (0)813 4080 9079
  • booking@lombokbulanmadu.com

Gili Nanggu, Sudak dan Tangkong – Lombok Tenggara

Gili Nanggu, Sudak dan Tangkong – Lombok Tenggara

GILI NANGGU : Setiap orang yang mengunjungi Pulau Lombok di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) pasti akan ke pulau atau gili, di mana dua gili yang terkenal adalah Gili Trawangan dan Gili Meno.

Bagi yang sudah bosan dengan kedua gili tersebut ternyata ada gili lain yang masih sangat sepi dan termasuk privat. Tidak banyak aktivitas kecuali para wisatawan yang bermain di pantai. Ya gili ini adalah Gili Nanggu, sebuah pulau kecil yang memberikan keindahan pantai dan sekitarnya yang tidak kalah indahnya dibandingkan gili-gili yang lain.

Pulau Lombok juga memiliki kemegahan alam bahari yang memesona. Pantai Senggigi serta pulau-pulau mungil atau gili yang tersebar di sekitar pulau ini menyimpan pesona yang menakjubkan.

Selain di kawasan Gili Trawangan, Gili Meno, Gili Air yang reputasinya telah mendunia, di kawasan Lombok Barat juga terdapat gili lain yang bisa disinggahi, yaitu Gili Nanggu.

Gili Nanggu berada di Selat Lombok atau di pesisir barat Pulau Lombok. Secara administratif, pulau ini berada di wilayah Kecamatan Sekotong, Kabupaten Lombok Barat.

Untuk mencapai Gili Nanggu cukup mudah. Dari Mataram, wisatawan bisa menuju Pelabuhan Lembar yang berjarak sekitar 27 km, dengan kendaraan, dan selanjutnya menggunakan perahu atau speedboat selama 35 hingga 45 menit.

Dibungkus oleh keelokan alam yang sanggup memanjakan pecinta wisata bahari, Gili Nanggu sanggup menawarkan kedamaian untuk Anda. Bahkan banyak wisatawan asing menyebutnya dengan “The Paradise Island”. Ini merupakan pulau seluas 12,5 ha yang terletak di Kecamatan Sekotong, Kabupaten Lombok Barat, Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Di tengah-tengah pantai berpasir putih dan berombak tenang, Anda dijamin dapat bersantai tanpa adanya pedagang atau pengunjung lain. Gili Nanggu berupa pulau pribadi yang hanya dihuni manajemen dan staf resor.

Hanya beberapa meter dari bibir pantai, Anda dapat melihat langsung ikan warna-warni menari-nari di dasar laut dangkal. Nyanyian suara burung menemani Anda merangkul Matahari terbit dan terbenam, menciptakan suasana romantis yang sulit ditemukan di pulau lain. Gili Nanggu cocok bagi pasangan yang sedang menikmati bulan madu mereka.

Sejak 1995 pulau ini terus berkontribusi dalam kegiatan konservasi alam melalui Gili Nanggu Sea Turtle Conservation Program. Selama 11 tahun terakhir, program tersebut berhasil menetaskan 4.500 penyu. Programnya sangat praktis yaitu melindungi telur penyu dari pemasaran bebas dengan cara membelinya dari nelayan. Telur yang dibeli diinkubasi di bawah pasir selama 30-35 hari, setelah menetas dilepas ke laut bebas.

Anda bisa mengarungi perairan Gili Nanggu melalui dua titik snorkeling yang terdapat di sekitar pulau, yaitu di sisi timur tempat berbagai ikan hias indah berkumpul, juga di sisi selatan yang menaungi kerumunan terumbu karang nan cantik. Terdapat ikan nemo, ikan napoleon dan penyu yang akan menemani kegiatan snorkeling Anda.

Atau, bisa juga melalui rute lain, yaitu lewat Tawun, di Sekotong, yang berjarak 47 km, dengan kendaraan dan kemudian  menggunakan speedboat selama 15 menit. Sekotong juga dapat diakses langsung dari Bandara Internasional Lombok (BIL) dengan waktu tempuh antara 45 menit sampai satu jam saja.

Layaknya Gili Trawangan, di Gili Nanggu terdapat pantai cantik dengan hamparan pasirnya yang putih serta lautnya yang biru. Suasana alamnya yang hening, membuat pulau ini menjadi pilihan yang tepat bagi para pasangan yang ingin berbulan madu. Matahari tenggelam merupakan momen yang paling indah di pulau seluas sekitar 8 hektar ini.

Bagi mereka yang ingin berlama-lama ataupun ingin menyepi di Gili Nanggu tak perlu merasa khawatir. Sebab, di pulau ini telah tersedia fasilitas akomodasi modern. Selain memiliki pilihan akomodasi yang beragam, resor ini turut dilengkapi dengan berbagai fasilitas pendukung, mulai dari wahana watersports, jogging trek, perlengkapan diving atau snorkeling yang bisa digunakan oleh segenap wisatawan.

GILI SUDAK : Gili Sudak Sekotong merupakan sebuah kepulaun kecil yang dijadikan sebagai tempat wisata layaknya Gili Trawangan di Kabupaten Lombok Utara, Gili Sudak Sekotong memiliki keindahan pantai dan keindahan bawah laut yang begitu menawan, selain merasakan keindahan bawah laut dan keindahan pantai Gili Sudak Sekotong di tempat ini juga anda akan merasakan keheningan yang begitu tenang jauh dari hingar bingar kendaraan yang sering anda dengar setiap hari, Gili Sudak Sekotong layaknya Gili Nanggu dimana di dua tempat ini anda tidak akan menemukan kendaraan bermotor baik itu roda dua maupun kendaraan roda empat.

Gili Sudak Sekotong terletak di Kabupaten Lombok Barat bagian selatan tepatnya di Kecamatan Sekotong yang berdekatan dengan Pelabuhan Lembar. Lokasi Gili Sudak yang berdekatan dengan Pelabuhan Lembar semakin membuat tempat ini mudah untuk di akses oleh wisatawan luar pulau lombok bahkan wisatawan asing yang datang ke pulau lombok melalui pelabuhan padang bai karang asem bali.

Gili Sudak Sekotong merupakan pilihan yang tepat bagi anda yang ingin berlibur dengan suasana hening dan tenang, tempat ini juga sangat cocok bagi anda yang gemar diving ataupun snorkling, pemandangan bawah laut Gili Sudak Sekotong membuat beberapa wisatawan asing ketagihan untuk berlama-lama tinggal di pulau kecil yang penuh dengan keindahan ini, bahkan ada beberapa wisatawan asing sempat mengutarakan kecintaannya dengan Gili Sudak, Gili Sudak Sekotong sudah membuat mereka terpesona dan ingin tinggal lebih lama.

Cara menuju Gili Sudak Sekotong Lombok Barat, Dari ibu kota Mataram silahkan anda mengambil jurusan menuju desa Batu Putih di Sekotong, dari Mataram menuju desa Batu Putih membutuhkan waktu kurang lebih 1 jam perjalanan menggunakan kendaraan kendaraan umum maupun kendaraan pribadi, sedangkan dari Pelabuhan Lembar menuju desa Batu Putih membutuhkan waktu kurang lebih 30 menit, setelah anda sampai di desa Batu Putih silahkan anda mencari atau menyewa perahu nelayan setempat, pada saat itu biaya sewa sekitar 150 ribu mungkin sekarang harga sudah berubah.

GILI TANGKONG : Gili Tangkong berada di Kecamatan Sekotong, Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat. Gili ini menawarkan pengalaman wisata yang menyenangkan karena belum banyak turis mengunjunginya pasir di pantai Gili Tangkong ini berwarna putih bersih, airnya jernih membuat siapapun yang melihat ingin menceburkan diri. Panorama sekitar Gili ini juga mempesona. Langitnya biru membentang di sepanjang mata kita memandang. Gili yang hanya seluas 28 hektar ini juga mempunyai kekayaan laut yang menakjubkan. Perairannya yang masih sangat terjaga memungkinkan aneka biota laut bisa hidup dan tumbuh subur di sini.

Gili Tangkong berada di antara Gili Sudak dan Gili Nanggu dan berjarak 70 km dari Kota Mataram. Untuk mencapai pulau ini Anda bisa memulainya dari Dermaga Tawun di Sekotong. Dari pelabuhan ini kita menuju Gili Tangkong dengan menggunakan perahu ketingting. Penyeberangan dari Sekotong menuju Gili Tangkong tidak memerlukan waktu yang lama. Pesona Gili Tangkong ini membuat beberapa biro perjalanan wisata menyediakan paket wisata ke 4 gili sekaligus yang berada saling berdekatan, yakni Gili Nanggu, Gili Sudak, Gili Kedis dan Gili Tangkong itu sendiri.

Jika dari Gili Nanggu, Tangkong berjarak tidak terlalu jauh. Hanya membutuhkan waktu sekitar 5-10 menit sekali penyeberangan. Dibanding Gili Nanggu, Tangkong jauh lebih sunyi dan sedikit pengunjungnya. Sedangkan di Gili Sudak, jika dibandingkan dengan Gili Nanggu, fasilitas pulaunya lebih minim. Disini terdapat tempat makan dengan berbagai pilihan menu, plus pasir yang berwarna sedikit kekuningan. Aktivitas paling tepat untuk mengisi kensunyian Gili Tangkong adalah snorkling untuk melihat keindahan bawah lautnya. Alat snorkling bisa kita sewa di dermaga Tawun dengan tarif Rp. 70 ribu meliputi pelampung, alat bantu nafas, fin dan kacamata. Karena tidak banyak turis yang mengunjungi Gili Tangkong, kita bisa sepuasnya bermain air, berenang dan snorkling tanpa khawatir terganggu dengan tamu yang lain. Bahkan kita seperti layaknya sedang berkunjung ke pulau pribadi. Bagi penghobi fotografi underwater, keindahan bawah laut gili ini bisa Anda abadikan. Anda akan melihat banyak sekali ikan-ikan aneka warna plus terumbu karang yang masih terjaga kelestariannya. Pemandangan Tangkong secara keseluruhan memang sangat menawan. Lanskapnya sangat indah. Jika sedang cerah, langit yang kebiruan akan memperindah foto Anda.

admin

Leave your message